oleh

Wabah Covid-19 Semakin Meluas, Pemkab Nias Utara Pesan APD & Alat Pencegahan

NIAS UTARA – Menghadapi wabah Covid–19 yang saat ini semakin meluas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara berusaha melakukan Pencegahan dengan menyediakan anggaran sebesar Rp. 3,5 Miliar bersumber dari APBD Kabupaten Nias Utara (Dana Tak Terduga). Anggaran tersebut akan digunakan untuk membelanjakan Alat Pelindung Diri (APD). Beberapa peralatan kesehatan salah satunya Rapidtes dan obat-obatan seperti Disinfektan untuk pencegahan Covid-19.

“ Beberapa peralatan dan obat tersebut sudah kita belanjakan dengan anggaran satu miliar rupiah (Bayar di tempat -red) artinya kalau barang sampai baru kita bayar. Diperkirakan sekitar tanggal 4 April 2020 akan tiba di Nias Utara,“ujar juru bicara Covid-19 Kabupaten Nias Utara, Ya’adil Telaumbanua kepada sejumlah wartawan di ruang rap, Senin (30/03/2020).

Ya’adil menjelaskan dana yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk pencegahan Covid-19 dimaksud, tidak serta merta di habiskan, melainkan hanya dipergunakan untuk keperluan yang sifatnya urgen saja.

Baca Juga :  Ditemukan Mayat Mr. X di Arah Timur Luaha Sowu

“Kami menyampaikan kepada rekan-rekan Pers bahwa data yang kita terima per tanggal 28 Maret 2020, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 84 orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 164 orang,”terangnya.

Lanjut Ya’adil, adapun tindakan yang telah dilakukan pemerintah daerah dalan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara antara lain, sekolah diliburkan, memberi himbauan kepada masyarakat agar menjauhi tempat-tempat keramaian, menunda berbagai kegiatan dan hal-hal yang bisa mengundang perkumpulan orang banyak serta mengatur jarak kepada seseorang untuk memutus mata rantai Virus berbahaya itu.

“ Pemerintah Nias Utara juga sudah melakukan berbagai tindakan pencegahan dengan melakukan penyemprotan di beberapa tempat fasilitas umum seperti Perkantoran, Gereja, Mesjid dan tempat-tempat umum lainnya di setiap Kecamatan. Saat ini juga kami dapatkan informasi BPBD Kabupaten Nias Utara sedang melakukan penyimprotan di Kecamatan Sawo,” ungkap Jubir pencegahan Covid-19 Kabupaten Nias Utara itu.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Yoniari Nazara saat di Konfirmasi tentang persediaan disinfektan di dinas kesehatan mengatakan sudah tidak ada lagi dan baru di pesan. “Untuk disinfektan di dinas kesehatan nias utara tidak ada lagi, sebab yang kita pergunakan selama ini untuk mencegah wabah covid-19 adalah stok di dinas kesehatan kabupaten nias utara,”kata Kadis Kesehatan saat di konfirmasi wartawan melalui via handphone selulernya.

Baca Juga :  Bacakada Nias Utara Pasangan Fodela Serahkan Dokumen Pendukung di KPU

Kepala BPBD Kabupaten Nias Utara Herman Zebua S. Pd mengatakan saat ini pihaknya sudah memesan berbagai alat mencegah covid-19. “Seperti alat pelindung badan, masker, alat-alat cuci tangan dan alat Rapidtes. Namun alat-alat tersebut masih sebatas pemesanan kepada pihak ke tiga, ada atau tidaknya kita belum tau,”ucapnya.

“Mengantisipasi berbagai gejala, kita di Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Nias Utara hanya bisa belanjakan 10 unit pompa alat penyemprotan Disinfektan di gedung-gedung pemerintahan dan di tempat tempat umum. Obatnya kita ambil stok dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara,”terang Kepala BPBD. (MP/Man)

Hosting Unlimited Indonesia

Komentar

Berita Populer